Kaset Bootleg Lawas John Lennon/Plastic Ono Band

JohnLennonPlasticOnoBand_kaset-bootleg

Sepertinya ini kaset-bajakan-niat atau kaset-bootleg-lokal atau apalah itu namanya, yang saya duga diproduksi sekitar penghujung dekade 1970-an. Pita kasetnya pakai Maxell tentunya, yang memang kualitasnya terpercaya waktu itu untuk persoalan rekam merekam. Uniknya, untuk perkara sampul, dia tidak semata-mata memakai teknik cut-and-paste foto artwork vinyl yang kemudian ditimpakan ke template letterpress seperti kebanyakan kaset era Yess; melainkan dengan penggunaan kertas foto untuk sekujur sampulnya, yang diproses khusus di kamar gelap.

Dengan demikian upaya ini terhitung agak lebih niat dibanding rekan-rekan sejawatnya (atau tren saat itu memang sudah mulai bergeser ke arah situ?), apalagi ditambah ide ‘brilian’ membubuhkan di sudut kanan atas, tulisan “John Lennon” (doang, tanpa “Plastic Ono Band”, ini jelas ngaco dan semena-mena :p). Tentu saja itu taktik dagang semata, karena jika menuruti plat aslinya yang di sampulnya tak ada informasi sama sekali siapa nama artist-nya, jangan-jangan kasetnya nggak bakalan laku! Font tegak bersambung “John Lennon” bikinan sendiri itu berarti sudah harus diproses sejak di negatif filmnya (saya bayangkan di-grafir dengan penuh kesungguhan hati) ditambah logo balet (ini juga tak mudah!) yang saya duga adalah lambang label lokal tersebut. Jangan lupa pula imbuhan cap “Stereo”, sebagai jaminan mutu bahwa teknologi label dia sudah cukup mutakhir saat itu. Karena semuanya sudah dipikirkan sejak awal pada negatif fotonya sebelum diproses di kamar gelap, hasil akhirnya adalah foto sebagai sekujur sampul yang mulus rata jika diraba dengan jari. Mantap!

Bisa jadi lantaran energi kreatifnya sudah terkuras di urusan sampul, untuk inner sleeve-nya mereka cukup menyisipkan kertas putih polos berisi tracklist ketikan (dari mesin ketik) doang, tak perlu ada lirik. Otentik! Sisa durasi pita di side B diisi dengan Three Dog Night album Golden Bisquits. Saya sempat salut dengan pilihan mereka utk tidak mengacak2 susunan lagunya (lagi-lagi ini berbeda dengan kebiasaan rekan-rekan sejawatnya), tapi apa daya kapasitas satu sisi C-60 yang terbatas tidak muat untuk merekam keseluruhan isi plat, sehingga ada 3 lagu terakhir di versi aslinya yang tidak terekam di versi kaset ini. Begitu pula dengan Three Dog Night, terpaksa kehilangan 3 lagu terakhirnya juga.

Soal musiknya sendiri, komposisi pembuka debut album penuh John Lennon ini, “Mother”, menurut saya adalah salah satu lagu paling mencekam yang pernah ada. Lonceng gereja yang berdentang-dentang di intronya seperti memanggil-manggil kita dari alam baka, sementara teriakan parau John (bagian dari primal therapy dia) di tengah-tengah dan penghujung lagu seolah mengisyaratkan bahwa memang ada yang tak beres dalam dirinya. “Mother, you had me/ but I never had you../ Father, you left me/ but I never left you…

Selamat Hari Ibu.

* * *

John Lennon – “Mother” (studio version):

John Lennon – “Mother” (live version)

Saya merasa versi John itu sudah yang paling sangar, sampai akhirnya saya mendengar versi live cover version-nya oleh Jeff Mangum (of Neutral Milk Hotel) featuring Chris Knox (of Tall Dwarfs)! Astaga, lebih bikin frustasi!

* * *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *