Who’s and Who versi Aktuil:
Dirty Dozen plus One

Who'sAndWho_Aktuil
ikhti[ar]sip.007 *), diketik ulang dari:
Majalah Aktuil No. 91, 10 Februari 1972, halaman 41-43

Hallo. Hari ini tjerahkah bukan? Hari ini ada tugas saja jang rada hebat. Memperkenalkan bukannja penjanji pop atau band pop, tapi para redaktur pop dari madjalah pop Aktuil, jang mukanja, sifatnja, potongannja serba karikatural, jaitu ada jang djangkung kajak Goliat, ada jang pendek, ketjil kajak tujul, dan hebatnja lagi, itu mereka jang masih budjang2 sudah pintar2 ngomong tentang perempuan, tapi waktu didekati perempuan kontan gemetar.

Oke deh, saja mulai. Siap? One , two, three, four, go! Go international with Aktuil!

1.

Aktuil_01_TotoRahardjo
TOTO RAHARDJO. Ini dia bossnja. Seperti kebanjakan orang2 jang serius didunia, jang namanja Toto ini djuga pakai katjamata. Dia bukanlah type hoofredacteur jang pemberang, jang biasa suka mukul2 medja. Dia lebih banjak diam seperti pertapa. Orangnja kalm, ramah, sederhana dan lebih sering mendengar saran2 orang daripada menggurui. Dia terlalu baik sehingga kadang2 kebaikannja itu pula jang membuat dia sering lembik. Kelemahannja adalah, dua terlalu gampang pertjaja, terlalu gampang pertjaja pada saran orang.
 Punja kekuatan batin, penuh dedikasi, disamping sifat djelek seperti pelupa. Tjoba perhatikan daftar dibawah ini.

Initial: TR. Lahir: 23 September 1942. Tugas: Pemimpin Umum/Redaksi. Ambisi: Hidup tenang bersama keluarga. Type ideal: Cisca Paat. Nama isteri/……: Fransisca Paat. Pendidikan terachir: Fakultas Ekonomi. Karier: Aneh. Mulai di Aktuil: Sedjak dalam pikiran. Tokoh jang dikagumi: J.F. Kennedy, Mahatma Gandhi. Madjalah favorit: MAD. Musik jang digemari: Bossanova, Jazz, Classic. Komponis favorit: (terlalu banjak). Group/singer favorit: Astrud Gilberto, Dave Brubeck. Kendaraan se-hari2: Fiat. Jang paling dibentji: (tidak diisi)

2.

Aktuil_02_BernardJujanto

BERNARD JUJANTO. Lha jang ini orangnja ramping. Djambulnja mirip2 John Gavin. Berbitjara datar, kadang2 malahan monoton kajak Klaus Kinski. Orangnja romantis. Dia sangat terbuka. Bisa djadi kawan ngobrol jang baik. Malahan dia bisa betah mendengar ngobrol orang. Kalau dia berbitjara biasanja kakinja agak dibengkokkan, entah bagaimana sedjarahnja sampai begitu. Dalam segi2 tertentu dia boleh dibilang gesit dan aktif, sajangnja sering tjepat berganti musim, dan itulah salahsatu kelemahannja. Nah, perhatikan djawabannja dibawah ini:

Initial: BJ. Lahir: 29 Djuni 1941. Tugas: Penanggungdjawab. Ambisi: Radja Crude Oil. Type ideal: Jang setia, djudjur dan bertanggungdjawab. Nama isteri/patjar: Ratna Dewi (tanpa Sari, soalnja sarinja sudah habis.) Pendidikan terachir: Sardjana Ekonomi. Karier: Straight to the top. Mulai di Aktuil: Nomer 0 tahun 1967. Tokoh jang dikagumi: J.F. Kennedy. Madjalah favorit: Reader’s Digest, National Geographic. Musik jang digemari: Jang sjahdu menusuk sukma. Komponis favorit: Debussy, Milhaud, Ravel, Messenet. Group/singer favorit: Bee Gees, Procol Harum, Andy Williams, Pat Boone, Bing Crosby. Kendaran se-hari2: Njeker. Jang paling dibentji: Ular.

3.

Aktuil_03_DennySabri
DENNY SABRI. Orangnja sekarang gemuk. Kalau lagi omong kakinja nggak mau diam, kajak jang lagi rock ‘n roll sadja. Jang namanja Denny ini, sungguh luarbiasa, kususnja dalam hal potongannja. Kalau dia pakai dasi, djas dan kopiah, dia bukannja mirip bintang film, tapi miripnja persis Bung Karno. Orangnja seneng ngobrol djuga. Kalau gadis2 ditanja kenapa mereka senang sama Denny, djawab mereka, bibirnja resep. Salah satu sifatnja jang menondjol, adalah mudah merangsang. Tadjam berfikirnja dan sangat disiplin. Sekarang entah lagi apa dia di Hamburg. Jang terang dia masih bernafas. Nah, batja isiannja dibawah ini:

Initial: DES. Lahir: 17 Nopember 1945. Tugas: Aktuil’s Foreign Editor. Ambisi: Ketua PBB. Type ideal: 90-62-90/172 atau Juliet Edge. Nama isteri/patjar: Raquel Welch. Pendidikan terachir: Werkkunstchule Hamburg abt. Grafik – Verlag Design. Karier: On the road to the moon. Mulai di Aktuil: Sedjak Aktuil nomer 0/1967. Tokoh jang dikagumi: Abraham Lincoln. Madjalah favorit: Esquire (USA). Musik jang digemari: Soft Rock dan Tjiandjuran. Komponis favorit: Burt Bacharach. Group/Singer: Elvis Presley, Bobbie Gentry, Deep Purple. Kendaraan se-hari2: U-Bahn. Jang dibentji: Bulshit.

4.

Aktuil_04_SonnySuriaatmadja
SONNY SURIAATMADJA. Wah ini orangnja tjepat tersinggung. Untung dia baik sekali. Baik terus. Teruuus. Tjuman kadang2 sakit djuga. Dan ini repotnja, kalau dia sudah sakit, biarpun kawan2 redaksinja sudah rindu-dendam sama dia, dia masih djuga tidak berani keluar rumah, takut2 kalau kumat lagi. Kasihan kawan kita jang tersaj ini. Orangnja luas. Autodidak dalam banjak lapangan. Rambut keriting, dan disisir kebelakang kajak Tom Jones sewaktu Tom masih djadi kuli tambang. Jang paling menarik perhatiannja selama ini dalam diskusi2 ketjil2an di kantor Aktuil adalah mengenai existensialisme, dan besoknja dia djatuh sakit, sampai sekarang belum nongol. Oke deh, tjoba batja isiannja dibawah ini. Untuk mengisi data2 dibawah ini, dia menulis dengan gaja handschrift ala Amerika.

Initial: SS. Tanggal lahir: 30 Mei 1940. Tugas: Teka-teki silang. Ambisi: All arounder. Type ideal: Hugh Heffner, J.F. Kennedy. Nama isteri/patjar: Poppy Fatima. Pendidikan terachir : Fakultas Sospol tingkat IV. Karier: Kontrolir perkebunan, wartawan. Mulai di Aktuil: Desember 1967. Tokoh jang dikagumi: Abraham Lincoln, Joseph Pulitzer. Madjalah favorit: Playboy. Musik jang digemari: Romantis. Komponis favorit: Chopin. Group/Singer favorit: Andy Williams, The Lettermen. Kendaraan sehari-hari: Kaki. Jang paling dibentji: Orang jang menjakitkan hati orang.

5.

Aktuil_05_MamanSagitariapradja
MAMAN SAGITARIAPRADJA. Ini dia kita punja djago. Orangnja paling ketjil. Untung sadja tidak seketjil tujul. Dan lantaran ketjilnja, maka djago kita ini awet remadja. Kerdjanja? Wah, djempolan. Dia tidak pernah kenal tjapek. Datang dikantor paling pagi, pulangnja paling sore, malah kadang2 sekaligus merangkap tukang kuntji. Kalau ada orang jang ramah dalam dunia ini, tolong tambah dalam ingatan, bahwa Maman adalah seorang jang paling ramah diantaranja. Kelewat sering ketawa untuk keramahannja itu sampai2 akirnja ketawanja djadi kodian. Dia ini secret agentnja Aktuil. Bukan apa2 bung, soalnja begini, jang pakai kode 009 di Aktuil ini tidak lain adalah ndoro Maman. Okelah, kalau mau tahu segalanja tentang dirinja, batja isiannja dibawah ini.

Initial: MS. Lahir: 12 Desember 1944. Tugas: Apa jang bisa dikerdjakan dikerdjakan. Ambisi: mendjadi manusia baik. Type ideal: keibuan rada2 mandja. Nama patjar/isteri: orang lain nggak usjaah ribut ah. Pendidikan terachir: Fak. Sospol Unpad. Karier: Wartawan. Mulai di Aktuil: sedjak Aktuil masih tjilik formatnja. Tokoh jang dikagumi: Abraham Lincoln, John F. Kennedy. Madjalah: madjalah bermutu en Aktuil terutama. Musik jang digemari: Pokonja jang kena dihati. Komponis favorit: Lennonnja Beatles. Group/Singer favoritL Beatles, Andy Williams. Kendaraan se-hari2: Volk Wagen alias betja atau nebeng kendaraan orang. Jang paling dibentji: kepalsuan.

6.

Aktuil_06_GunadiHarjanto
GUNADI HARJANTO. This man is special. Dulu nulis Gun-nja dengan Goen, tapi dia pengikut selera modern. Dulu perutnja agak buntjit sekarang tidak lagi. Dulu djalannja hampir2 kajak bebek, sekarang tidak lagi. Semua ini bukan sebab salep Pagoda atau Wybert atau Durol atau Naspor. Tau kenapa? He’s in love. Barangkali sering keluar malam. Pokoknja singkatnja begini deh, disamping urusan2 pribadinja itu, maka jang namanja Gunadi ini, orangnja luar biasa djeniusnja. Dia inilah jang menemukan colour separation di Aktuil, dan mengerdjakan sekian banjak cover madjalah jang terbit di Bandung, seperti Mimbar dan Mangle dsb. Mukanja manis kajak bintang film Hongkong. But take easy gal, djangan tjoba2 ganggu ja, sebab Gun sudah ada jang ngontetin mata. Memang siapa jang tidak naksir sama Gun? Tjoba adja pikir. Dia tjalon insinjur, fotografer, dan banjak lagilah. Untuk lebih mengenalnja, batja data2 dibawah ini

Initial: g (gladi-akt). Lahir: 19 Oktober 1946. Tugas: Photoeditor, reprographer, part timer. Ambisi: Memberikan sesuatu jang baik pada umat manusia. Type ideal: Lintjah dan bisa mentjintai gue. Nama isteri/patjar: Diana D. (patjar) Pendidikan terachir: Masih studen arsitektur. Karier: Aneh ? Mengagumkan? Mulai di Aktuil: Awal 1969. Tokoh jang dikagumi: J.F. Kennedy. Madjalah favorit: Mad. Musik jang digemari: Sweet sound, Jazz, Bossas, Classic. Komponis favorit: McCartney. Group/Singer favorit: Beatles, Dave Brubeck Quartet. Kendaraan se-hari2: Vespa butut (sebentar lagi djalan kaki). Jang paling dibentji: Orang jang sok kreatif. Tjewe jang sok tjakep. Orang jang banjak omong (kajak diri sendiri).

7.

Aktuil_07_BillySilabumi
BILLY SILABUMI.  Orangnja djangkung. Ganteng. Dan suaranja kajak Cliff Richard. Rumahnja paling dekat. Barang kali tjuma ngeludah dari rumahnja, sudah sampai kekantor. Tapi sekarang dia tinggal di Djakarta dengan alasan pindah studi sebab studinja di Bandung kalaut, tidak naik tingkat sadja. Ini mah nggak ngabako lho. Billy kita ini banjak jang favorit padanja, termasuk djuga Miss Indonesia Irmah Hardisurja, jang kalau radjin batja Aktuil akan segera ingat bahwa Irmah pernah menjukai suara Billy. Sajangnja Billy stop djreng2an. Seminggu sekali dia nongol di Bandung. Tapi hampir setiap hari kirim interlokal dari Djakarta, ngobrol pandjanglebar lewat talipun. Salahsatu sifat Billy jang perlu ditjatat adalah dia tidak gampang menjerah. Kalau dia masih bisa lawan, dia selalu lawan. Nah, batja daftar isiannja dibawah ini:

Initial: bill-akt. Lahir: 17 Nopember 1945. Tugas: Reporter. Ambisi: Dunia in peace melalui Aktuil. Type ideal: Pokoknja jang tjakep dan bisa diadjak melarat. Nama isteri/patjar: Belum ada…… pasrah adja. Pendidikan terachir: Masih mahasiswa. Karier: Wadjar. Mulai di Aktuil: 1967. Madjalah favorit: Bukan Aktuil tapi jang sedang anda pegang. Musik jang digemari: Semua musik. Komponis favorit: Dibarat terlalu banjak, kalau di Indonesia tidak ada, tjuma jang lutju Benjamin. Group Singer favorit: The Beatles. Kendaraan se-hari2: Bus Kota. Jang paling dibentji: Orang jang suka makan teman. Tjewe jang sok tinggi.

8.

Aktuil_08_DeddySuardi
DEDDY SUARDI. Wah! Kalau jang ini, dimana sadja ngomongnja ada hubungannja dengan seni2an. Memang dia pelukis nasional kita dari alumni ASRI Jogja. Dari kebanjakan bitjaranja, dia lebih banjak suka mengalah. Sederhana omongannja dan sederhana djuga isi omongannja, pokoknja jang bagian njeni2nja pasti katut2. Pakaiannja djuga selalu dalam warna jang sederhana. Kalau tjelananja abu2, maka atasnja djuga abu2, kalau biru ja biru, hitam ja hitam. Walau kelihatannja pendiam, Dedy termasuk seorang laki2 jang lintjah. Kita tunggu sadja sampai dimana rambutnja akan dibiarkan pandjang, apakah dia masih lintjah djuga. Kalau dibatja-batja data2 jang diisi dibawah ini pasti gadis2 remadja main cubat-cubit. Memang ada beberapa segi dari kerdja seninja jang membuat dia disukai para remadja, dan membuat orang seperti Nashar misalnja akan ter-berak2 menghadapinja. Nah, batja djawaban dibawah ini:

Initial: GDS (Gondewa Double Six). Lahir: 19 Maret 1941 (manusia ampibi). Tugas: Redaksi bagian pelog. Ambisi: Kawin tjepat2, takut keburu menguap. Soalnja anti Miniatur. Type ideal: Tjewe jang rada njeni walaupun tak ngerti seni. Nama patjar/isteri: Kosong keneh……. belon balik nama. Pendidikan terakhir: Sekolah Hilir Mudik ASRI. Karier: Madju mundur…… jang djelas mundurnja. Mulai di Aktuil: Sedjak Aktuil belum terbit. Tokoh jang dikagum: Muhammad saw. Madjalah favorit: Kalau bisa, buka sendiri tanpa diperintah. Musik favorit ; Jang bisa play sendiri. Komponis favorit: Frederic Chopin. Group/Singer favorit: Degung. Kendaraan se-hari2: Naek bakeak. Jang paling dibentji: Kalau seorang gadis tjantik tiba2 kentut ketika sedang ngobrol dengan saja… soalnja… kalau keluar angin djahatnja.. ketjantikannja bisa luntur… kahebos.

9.

Aktuil_09_OdangDanaatmadja
ODANG DANAATMADJA. Ini anak paling kinderlijk. Paling muda. Dan paling suka heureuj. Dua kali dia potong rambutnja jang sudah gondrong karena ketakutan oleh desas-desus bahwa di Bandung mau dirazzia. Terlalu. Kulitnja kuning langsat kembadung. Dan mukanja, kalau di-lihat2 terus2an, persis sedikit sama Paul McCartney (maunja sih) (kapan saja bilang gitu Rem? – dang!). Dia bekerdja berat. Menunggui pertjetakan underground jang kebetulan memang terletak dibawah tanah. Maka kalau Odang bilang Aktuil ini madjalah underground, itu bukan sebab aja2, soalnja hanja sebab Aktuil memang di tjetak dibawahtanah. Kalau mau tjari Odang dirumahnja, susah sekali. Saban hari kerdjanja nonton. Maka tjari sadja dia dibioskop. Semua kursi bioskop sudah didudukinja, dan dia pasti tidak bohong sebab agamanja melarang orang berdusta. OK deh batja data2nja dibawah ini.

Initial: OD, dang! Lahir: 27 Djanuari 1950. Tugas: Urusan ngumpulin & setting naskah, koreksi, lay-out. Ambisi: Disukai tiap orang di-mana2. Type ideal: Ah, jg. bagaimana sadja ……… jang tjantikpun tidak apa2, pokoknja dia ngotot tjinta sama saja. Nama patjar/isteri: Ah, belon punja saja mah. Pendidikan terahir: Tjuman sampai SMA sadja. Karier: Sekolah sih disuruh, tjuma waktu udah kerdja, tak disengadja lho …… sematjam pelarian. Mulai di Aktuil: Resminja 20 April 1970. Tokoh jang dikagumi: JF. Kennedy, Lincoln, Keempat Beatles, keempat Led Zeppelin, dan keempat lainnja. Madjalah favorit: Madjalah ini, Mad, Rolling Stone, MM dll. Musik jang digemari: Semua djenis terutama Heavy Sound dan Degung. Komponis favorit: Lennon McCartney dan Benjamin. Group/Singer favorit: Beatles, Led. Zep. Who dan group2 top lainnja. Kendaraan se-hari2: Ah, biasa sadja……betjak dan djalan kaki. Jang paling dibentji: 1 Djerawat, 2 Nunggu sesuatu, 3 Nonton bioskop disamping jang ngerokok.

10.

Aktuil_10_TiniSuprapto
TINI SUPRAPTO. Satu2nja nona jang kita miliki di Aktuil. Orangnja manis kajak gula dropping. Diledek apa sadja, atjuh. Soalnja tau diri ngkali, sebab dia satu2nja perempuan. Setiap pagi dia pasti ada dikantor. Biasanja baru ngilang kalau mulai makan siang. Pada djam2 siang itu bisa ditjari dilos Pasar sandang Kotakembang. Disana dia beli kain, malamnja langsung gunting dan djahit, besoknja nona kita ini muntjul dengan badju baru. Sedap memang. Tjalon suaminja pasti ndak kerepotan, sebab selain bisa djahit, Tini bisa djuga rebus air, masak bubur dsb. Pokoknja kalau mau tahu sifat2 Tini, dia ini sangat terbuka sekali, baik dan tidak pernah sakit. Orangnja cukup tinggi, lebihtinggi dari dua Maman dan tidakpernah pakai make up. Kalau sadja sampai bibir atau pipidan alisnja ditambah alat2 make-up, maka Bandung langsung mendung. Nah, silakan periksa datanja dibawah ini:

Initial: TS, KT (Kak Tini). Lahir. 0 Djanuari 1948. Tugas: Redaksi AFC, Bendahara, mengurusi uangnja Aktuil. Ambisi: Tidak tahu ja. Type ideal: Tinggi gede. Nama patjar: Belum ketemu djuga. Pendidikan terakhir: Fakultas Sastra Barat. Karier: Ja gini2 ini, nggak tau. Mulai di Aktuil: Tahun 1969. Tokoh jg. Dikagumi: Indhira Gandhi, Kartini, Jeanne d’Arc. Madjalah favorit: Simplicity,Vogue. Musik jang digemari: Jang sentimentil. Komponis favorit: Liszt, Chopin, Debussy. Group singer favorit: Pokoknja bukan CCR. Kendaran se-hari2: Jang rodanja empat, punja babe. Jang paling dibentji: Qrtszcholt!

11.

Aktuil_11_MamanHS
MAMAN HS. Kalau jang lain2 singkatan namanja dibelakangnja dikasitahu, maka jang namanja Maman ini tetap bersikeras, tidakmau. Orangnja pendiam. Kalau dia sudah duduk membatja, dia se-akan2 terbuai dalam halusinasi asap gandja. Rambutnja pandjang sekali. Anda perlu berbangga karena Indonesia sudah melahirkan Mama. Orangnja sekuur sekali. Kalau suatu waktu dia lupa berbuat sesuatu atas djandjinja, maka utjapannja gampang sekali: Maaf, poho euj! (Maaf, lupa zeg) Sebagai warga Aktuil sebetulnja Tuan Maman bukan baru kali ini anda lihat mukanja. Kalau mata anda tjukup bagus, periksalah kalender Aktuil jang ada gambarnja Jimi Hendrix itu, nistjaja disuatu bagian jang agak mesum lantaran warnanja kelewat merah, diatas tanda zebra cross jang bikin orang pujeng karena melanggar tatatjara warna polisi Indonesia, disitulah Maman kita ditarok. Oke deh, silakan batja daftar isiannja dibawah ini.

Initial: MHS. Lahir: 15 Djanuari 1948. Tugas: Ilustrasi, lay-out, kadang2 seleksi naskah. Ambisi: Pasang poster erotis dikantor PDK. Type ideal: (tidak diisinja). Nama patjar/isteri: (tidak diisi). Pendidikan terakhir: Masih mahasiswa, parttimer. Karier: Peladjar, mahasiswa, poster, -furniture, -interior, -exterior design ketjil2an. Mulai di Aktuil: Sedjak umur 23. Tokoh jang dikagumi: Peter Max, Rendra, Soe Hok Gie, Lennon, Heffner. Madjalah favorit: Si Kuntjung, Playboy, Avantgarde, Mad. Musik jang digemari: Progressive music, Jazz-Rock, Blues, Primitif dan Tjiandjuran. Komponis favorit: Lennon-McCartney 65-69, Lennon Ono 71. Group/Singer: Rolling Stones, Who, BST, Beatles, Santana, WAR. Kendaraan se-hari2: Betjak, Omprengan, Tebengan. Jang paling dibentji: Takpernah bentji apa2, tapi kurang senang sama fanatik, dogmatis, statis, genit, overacting dan kerdja tanpa Djie Sam Soe.

12.

Aktuil_12_TonyMarthenas
TONY MARTHENAS. Tukang potret kita ini sangat menguasai dengan aktif dua bahasa asing bagi orang Perantjis, jaitu bahasa Makassar dan Indonesia. Bahasa jang pertama sangat mempengaruhi lidahnja, sampai2 bahasa Indonesianja djuga terdengar naik-turun. Dulunja saking gantengnja, maka banjaklah gadis2 model jang tergilgil padanja. Tapi waktu dia sudah nikah, dia tidak memotret model lagi. Sampai saat ini, demikianlah wartaberita terahir jang diterima, konon Tony hanja memotret perkawinan2 sadja. Dia ramah dan sering ketawa sadja. Nah, untuk mengenal dirinja, batjalah keras2 data2nja dibawah ini.

Initial: TM. Lahir: 3 Agustus 1943. Tugas: Tukang potret. Ambisi: Punja perusahaan besar. Type ideal: Pintar, tanggungdjawab, setia. Nama patjar/isteri: Johanna. Pendidikan terakhir: Sekolah Menengah Atas. Karier: Jang terahir fotografer sadja. Mulai di Aktuil: Sedjak nomer 2. Tokoh jang dikagumi: J.F. Kennedy, Abe Lincoln. Madjalah favorit: Tidak ada. Musik jang digemari: Soft Rock. Komponis favorit: John Barry, Francis Webster. Group/singer favorit: Cliff Richard. Kendaraan sehari2: Morris. Jang dibentji: Overacting.

13.

Aktuil_13_RemySylado
REMY SYLADO. Wah susah bertjerita tentang orang ini. Soalnja orang ini adalah saja sendiri. Jang penting saja orang Manado jang tidak makan andjing. Ke Aktuil tjuma sekali dua kali. Paling banjak 2 kali seminggu. Tentang diri saja, saja sendiri tidak banjak mengetahui. Pokoknja nama saja jang asli Japi Panda Abdiel Tambajong. Japinja tidak pakai E, sebab bukan nama Belanda, jaitu singkatan dari Jubal Anak Perang Immanuel. Sedang nama jang sekarang ini hanja sekedar ingatan bahwa pada tanggal 23-7-61, untuk pertama saja gemetar mentjium bibir gadis dibelakang bak baptisan disebuah geredja di Djakarta. Nah, seperti lain2nja, maka saja djuga harus mengisi daftar isian dibawah ini.

Initial: JPAT dan 23761. Lahir: 12 Djuli 1945. Tugas: Desk tjerpen, sexy chuap, surat2, reportase, kadang2 bagian ngeramal2, dll. Ambisi: Bersetubuh dengan semua perempuan tjantik. Type ideal: Tidak ada. Semua perempuan sama, hanja minjakwanginja jang beda2. Nama patjar/isteri: Marijuana. Pendidikan terahir: Dua idjasah akademi. Karier: Penjanji geredja, kelasi kapal Singapore-Osaka, dagang akik, jang lain2 tidak perlu disebut. Mulai di Aktuil: Medio 71. Tokoh jang dikagumi: Jesus, Kong Hu Tju, Caligula, Gandhi, Hitler, Muhammad saw, Ken Arok, Casanova, Kawilarang, Napoleon, Al Capone, Machiavelli, Columbus, WS Rendra, Pak Subud, Juliana C. Panda. Madjalah favorit: Tidak ada. Musik jang digemari: Semuanja, ketjuali Indonesia pop. Komponis favorit: Lennon-McCartney, Beethoven, Tchaikovsky, Handel. Group/Singer favorit: LZ, DP, GFR, JT, BS, Beatles, Presley, Dylan, Donovan, Cole, Mathis, Lanza, ketjuali Victor Wood dan Eddie Peregrina. Kendaraan se-hari2: Tidak tentu. Jang paling dibentji: Remy Sylado!

Sekian kisah mengenai 13 orang Aktuil ini. Anda akan melihat bahwa merekapun tidak beda seperti anda. Mereka punja hidung seperti anda, punja mata seperti anda, punja telinga seperti anda dsb. dsb., pokoknja merekapun sama2 memiliki segala alat tubuh jang sama seperti jang anda punjai. Kalau suatu waktu anda berpikir tentang perbedaan2nja, maka perbedaannja itu barangkali terletak pada soal kwalitas talentanja jang sudah dibedakan Tuhan. Walahualam. Saja tidak berani meneruskan omongan terahir ini, sebab saja rasa itu adalah wewenang nabi. Entahlah.
 Oke tuan2 ja, tabik. Tjuatja masih tjerah bukankah?

[SELESAI]

Aktuil_91_10Februari1972

* * *

*) ikhti[ar]sip adalah ikhtiar mengarsipkan dan menyebarkan hal-hal yang saya anggap menarik, dengan mengetik-ulang dari format fisiknya (sumber: buku/majalah/koran lama) menjadi teks untuk diunggah di internet, biasanya di web pribadi saya dan web perpustakaan saya, Kineruku. Tersedia juga beberapa salinan dalam bentuk image hasil scan. Untuk melihat daftar ikhti[ar]sip lainnya, klik di sini dan di sini. Silakan dimanfaatkan sebagaimana mestinya. [Budi Warsito]

 

4 thoughts on “Who’s and Who versi Aktuil:
Dirty Dozen plus One

  1. Amri

    Saya pernah punya edisi ini tapi tak ingat ada artikel menarik ini. Terima kasih sudah menguploadnya. Salam..

    Reply
  2. chiceniza

    Menarik sekali Mas Bud! Hahahha, bener-bener bikin ngakak itu isian biodata2xnya, ckckck. Btw yang namanya Maman sekilas mirip Bang Nando deh x))

    Thanks Mas, selalu menghibur (dan menambah wawasan) postinganja!

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *