witing tresno jalaran soko kuliner (aih lawasss)

ini makanan minuman pas liburan kemarin. nggak semua enak tentunya. beberapa malah mengecewakan, tapi yg hebat dari ndobos-ndobos kuliner di socmed ini sebetulnya memang cuma tafsiran-tafsirannya, bukan? nomer 10 akan membuatmu tercengang!


(1) bestik galantin bikinan ibuk. enak, tapi dari kecil sering dimasakin ini jadi kadang-kadang agak bosen aja.


(2) lele goreng olahan bapak. di kolam belakang rumahnya, bapak miara belasan lele yang hanya akan dimasak kalau cucu-cucunya dateng berkunjung. gede gilak. bumbunya mantep, diuleg dideplok, bukan diblender, meski mbah kakung dan para staf dadakan di dapur malah lupa bikin sambel, hehe.


(3) opor di rumah budhe. sepertinya bapak ibuk memang kurang suka opor jadi nyaris nggak pernah ada opor di hari lebaran. biasanya kami makan opor di rumah budhe, kakak iparnya bapak.


(4) sambel soto, di warung yang dulunya toko kelontong paling rame trus lama-lama jadi sepi, kalah sama convenience stores yg menjamur di mana-mana, banting setir jadi warung soto ayam kampung. the times they are a-changin’. sotonya kurang enak dan visualnya pun mesakke. es jeruknya juga, huhu.


(5) es teh di warung bakso deket rumah sakit, rani menyebutnya “es teh manies terbaik sejagad raya” wkwkwk!


(6) es bumi hangus di warung om otong, depan sma 1 margoyudan. isinya ketan item, pisang kolak, alpukat, kolang-kaling, cincau item, irisan nangka. 20 tahun lalu pas saya sma harganya kalo nggak salah Rp750, ugh waktu itu terasa mahal deh buat anak kos-kosan dari daerah kayak saya ini. kemarin saya sikat dua mangkok langsung, harga sekarang Rp10.000 tapi rasa nggak berubah. tetap yang terbaik. sealam semesta!


(7) tongseng thêngklèng. sebetulnya saya nyari thêngklèng tapi si masnya bilang “telas je mas!” trus dia merekomendasikan tongseng thêngklèng. rasa standar, enak, tapi banyak yang lebih enak. tur sing iki kakehan kobis.


(8) rujak buah: timun, nanas, bengkoang (saya biasa menyebutnya besusu), mangga muda, diparut pakai alat mirip pasah tukang kayu (!) oleh si penjualnya, bapak-bapak tua kocak asal wonosari. mangga mudanya terlalu kecut bikin pengen misuh-misuh tapi memang begitulah rujak nggak sih, lagipula sambelnya lumayan true.

(9) monggo lho dikasih caption sendiri. mohon mangap eh maap lahir dan batin!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *