Scott Walker – Tilt (1995)

scottwalker_tilt_kaset

Saudara-saudara sekalian sidang pembaca yang budiman, saya baru ngeh album menyeramkan ini ternyata pernah ada versi kaset lokalnya. Dulu pertama kali dengerin malah liwat CD, dari koleksi seorang kawan yang kini sudah berpulang menuju Keabadian. Sebetulnya kurang kerjaan banget deh, ngapain A&R label lokal dulu merilis kasetnya di sini, pada tahun 1995. Siapa di antara Saudara yang dulu sempat beli lalu terpikir untuk menukarkannya kembali ke toko kaset? Album ini lompatan gila-gilaan Scott Walker dari pop bergizi pindah ke.. entah apa. Gelapnya pekat, seperti detik-detik minggu tenang menjelang yaumul qiyamah. Apakah itu akibat asupan berlebih film-film Passolini? Musikalisasi alam barzah? Mungkin Scott lelah. Mungkin Scott juga ingin dimengerti. Tapi da susah nyet.. Maksud lu apa sih? Vokalnya yang dulu kharismatis berwibawa gimana gitu, kini jadi seperti kerongkongan zombie pilek yang kelamaan dipasung di dalam lemari, dan kuncinya ilang. Musiknya juga bikin mikir apa jangan-jangan sound engineer-nya salah pencet tombol dan tak kunjung sadar sampai telanjur jadi barang siap edar. Semacam estetika ‘oops..!’ yang dibiarkan. Kata sebuah ulasan di internet, saya suka kalimat ini, “..seemingly undecided whether he’s recording an opera or simply haunting one..” Ugh. Bener. Banget. Tidak direkomendasikan untuk pilihan #nowplaying ketika lagi nggak enak badan. Bisa-bisa Saudara makin meriang. Tapi untuk sarana uji kesabaran dan tes mental, bolehlah. Sebagai playlist nyetir di tengah kemacetan, misalnya. Siap-siaplah membusuk di ambang gila. Mohon jangan banting walkman Saudara, atau malah menubrukkan kendaraan Saudara ke kaum kera yang suka menerabas lampu merah di jalanan depan Saudara. Tulung kabari saya jika Saudara ternyata diam-diam menyukainya. Wassalam.

*

>> Silakan diintip di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *